Sunday, 6 May 2018

Sharing : Resign untuk kedua kali



 https://dl2.pushbulletusercontent.com/PBjp0iVoPUxRB4BhS1NiOZHhxaDde9YV/Snapseed.jpg

Hai semuanya sudah berbulan bulan bulan bulan lamanya saya ndak update di blog ini, lega rasanya dapat waktu untuk bisa nulis dan sharing kali ini. 😁

Di kesempatan ini saya akan sharing kembali mengenai pengalaman saya di dunia kerja dan apa yang sebenarnya terjadi (y)

Di awal tahun ini saya mengambil keputusan yang ndak mudah, saya memutuskan untuk meninggalkan Danone setelah 2 tahun berpetualang disana. Saya memutuskan untuk bergabung dengan salah satu perusahaan Nasional yang teman teman sudah kenal dan familiar pastinya, PT Pertamina Persero.


2 Years in Danone


Sedikit cerita, selama 2 tahun, dimulai dari April 2016, Saya bekerja di Danone Indonesia, tepatnya di Danone AQUA. Danone sendiri adalah salah satu perusahaan multinasional terbesar yang ada di indonesia, dimana line of business-nya di Indonesia dibagi menjadi 2, Water (AQUA,Vit,Mizone) dan Early Life Nutrition (SGM,Nutricia).

Saya mengikuti program Management Trainee yang didapat dari dancommunity.com sebelum akhirnya diangkat menjadi karyawan tetap pada tahun 2017. Untuk pengalaman rekruitmen saya dapat di dilihat di link dibawah ini :


Selama 2 tahun tidak ada kesan negatif satupun yang saya dapatkan, Danone adalah tempat yang nyaman untuk membangun karir kedepan. Banyak sekali pelajaran dan pengalaman yang saya dapatkan selama berkelana di Danone AQUA, yang mungkin saya akan ceritakan di post lain. 😁 (Update, Dapat dilihat disini )

Apa yang dapat saya ucapkan adalah saya bersyukur dapat merasakan bekerja di perusahaan yang begitu hangat dan nyaman dengan nilai nilai kekeluargaan yang begitu dijunjung tinggi. Danone bagi saya adalah perusahaan yang saya sangat rekomendasikan untuk teman teman coba.

Finding Passion

Chemical Engineering


Bagi teman teman yang mungkin belum mengetahui, saya adalah lulusan Teknik Kimia UGM. Yang mana posisi yang umum bagi seorang lulusan tekkim adalah process engineer. Well, sejujurnya, sisi Teknik Kimia di AQUA terutama, tidak terlalu banyak yang dapat di explore. Di AQUA sendiri peran yang lebih dominan (Di Engineering) adalah Teknik Mesin dan Elektro dimana masalah sehari hari lebih banyak mengenai kedua aspek tersebut.

Role and Position


Mengenai posisi dan role saya sendiri jujur kalau boleh dibilang sama sekali tidak berkaitan dengan Teknik Kimia, untuk pengalaman dan role saya di Danone AQUA dapat dilihat di link dibawah ini :


Singkat cerita role saya pada awal karir berfokus di Maintenance,Engineering & Utility, dan Energi. Didalam keseharianya mungkin hanya sedikit sekali ilmu Teknik Kimia yang di gunakan, kebanyakan yang dominan terpakai adalah sisi komunikasi, human management dan project management.

Jujur, saya sebenarnya enjoy aja dengan apa yang saya jalani, di posisi terakhir saya, saya menangani energi di 8 pabrik di Region 2 dan saya merasa nyaman dan tertantang dengan posisi, keadaan dan prospek kedepan di Danone AQUA. Saya ndak keberatan jika memang harus stay di bidang yang sama untuk beberapa waktu.

Namun di hati kecil saya masih ada rasa penasaran terhadap bidang yang sesuai dengan jurusan saya, dan saya memutuskan untuk tetap membuka peluang ke kemungkinan kemungkinan lain.

Request to ELN


Oke, karena keinginan itu, saya pertama kali mencoba untuk konsultasi dengan HR saya. Saya coba request untuk pindah ke ELN, Entah itu SGM atau Nutricia. Alasan saya simpel, disana lebih menantang secara proses dan lebih kompleks. Namun request saya di-pending, dengan dijanjikan bila ada kesempatan, kesempatan itu ada setelah tahun ke 3. Dan dengan keadaan seperti itu dan juga tidak ada yang bisa backup posisi saya saat itu, akhirnya saya menerima keputusan itu.

Apply Perusahaan Lain


Well, disaat bersamaan ada kesempatan pula untuk bisa memenuhi hati kecil itu, saya akhirnya mencoba untuk apply di 2 perusahaan (dan hanya di 2 perusahaan itu) yaitu Pertamina dan Chandra Asri.



PERTAMINA

 

Vacancy


Well, Ini bukan pertama kali saya apply pertamina. In fact, sudah ke 3 kali. Yang pertama adalah saat dibuka pendaftaran college shopping (2016) namun saya ga bisa dateng wawancaranya karena lokasinya di Jogja, sedang yang kedua (2016 juga) saya mengikuti rekrutmen Pertamina Geothermal namun di alihkan ke direktorat marketing di Pertamina, saat itu saya murni tidak datang karena tidak terlalu tertarik di bidang marketing.

Dan akhirnya disaat saya mulai kembali mencari kerja, di akhir tahun 2017 saya melihat lowongan fresh graduate Pertamina, dan saya ndak mikir dua kali buat apply ini..

Recruitment Process (BPS Pertamina 2017)


Rekrutmen Pertamina kali ini adalah rekrutmen yang berbeda dengan rekrutmen yang sebelumnya, perbedaan-nya diantaranya :

- Rekrutmen kali ini termasuk rekrutmen yang cukup massal, dimana ini adalah rekrutmen batch 2 (batch 1 sekitar 450 orang yang diterima) berbeda dengan program college shopping dengan jumlah lebih sedikit.

- Setelah diterima, akan diadakan pendidikan 1 tahun, selama 1 tahun itu pekerja baru disebut Bimbingan Profesi Sarjana (Proses 1 tahun akan saya jelaskan kemudian) berbeda dengan college shopping yang hanya 6 bulan menjalani masa pendidikan (OJT kemudian langsung penempatan)

- Menggunakan pihak ke 3. Yups di rekrutmen kali ini SANGAT berbeda dibandingkan rekrutmen Pertamina lainnya karena kali ini Pertamina menggunakan pihak ke 3 (ASI Recruitment) dimana sebelumnya Pertamina hanya membuka lowongan di web Pertamina. Ini kabar bagus karena jujur dengan menggunakan ASI, proses rekrutmen menjadi lebih cepat.

Untuk proses rekrutmen nya sendiri sangat cepat, terhitung saya mulai rekrutmen pertengahan Oktober dan di Akhir Desember saya sudah mendapatkan Offering atau Surat Cinta dari Pertamina. Untuk langkah prosesnya saya jelaskan berikut ini :


Pendaftaran

Pendaftaran dan Info Rekrutmen saya dapatkan di :
http://pertamina.asi-rekrutmen.com

Berikut posternya : 





https://dl2.pushbulletusercontent.com/VyzrXH6roFqE48mB1Nsh6apWrcaflo41/Image.jpeg


Screening Test

Ditahap ini adalah screening awal setelah pendaftaran, isinya semacam mini psikotes :

-SMART GMA

SMART GMA adalah sebuah tes yang akan mengukur kemampuan umum. Tes ini terdiri dari 3 bagian yaitu:
* SMART GMA Verbal – Mengukur kemampuan verbal.
* SMART GMA Numerical – Mengukur kemampuan numerik.
* SMART Ability to Learn – Mengukur kemampuan mempelajari hal-hal baru


-Tes Kepribadian

Kuesioner 30 soal yang mengukur sikap dan preferensi pribadi.


Psikotest dan Bahasa Inggris

Setelah lolos screening test, akan ada psikotes dan tes bahasa inggris, isi dari psikotesnya :

SMART CRT Verbal
Mengukur kemampuan untuk memahami laporan tertulis yang bersifat semi teknis dan secara akurat menarik kesimpulan logis dari laporan (20 pertanyaan, 10 menit).


SMART CRT Numerical
Mengukur kemampuan untuk memahami dan secara kritis mengevaluasi informasi numerik yang luas yang ditampilkan dalam bentuk tabel, dan secara logis menggunakan informasi ini dengan akurat (15 pertanyaan, 13 menit).


SMART Technical Mechanical
Mengukur kemampuan memahami prinsip-prinsip mekanika dan fisika dasar (45 pertanyaan, 15 menit).

SMART Technical Spatial
Mengukur kemampuan daya bayang ruang dan spasial (30 pertanyaan, 15 menit).

SMART Personality
Kuesioner ini mengukur kecenderungan perilaku umum seseorang. Terdiri dari 100 pertanyaan. Tidak ada batasan waktu namun biasanya selesai dalam 15 menit.

Tes Ketelitian
Tes ini mengukur ketelitian dan kecepatan kerja seseorang dengan waktu pengerjaan selama 20 menit.

Tes Bahasa Inggris
Tes ini mengukur kemampuan seseorang membaca dan pengetahuan Bahasa Inggris. Tes ini terdiri dari 60 pertanyaan dan waktu pengerjaan 60 menit.


Wawancara Online

Setelah lolos psikotes, akan ada wawancara online dari HR ASI via Skype. Jam wawancaranya nggak mesti pas luang, saya sendiri dapatnya pas lagi jam kerja jadi harus curi curi waktu wkwk. Dan yang paling penting, koneksi harus oke.
Beberapa hal yang ditanyakan :

- Perkenalan, Jelaskan diri kamu
- Prestasi kamu apa aja?
- Dari universitas mana? Coba jelaskan dasar teori dari skripsi anda (!!!!)
- Sekarang posisi kamu apa? Project yang pernah kamu lakukan apa?
- Pernah punya pengalaman memimpin?
- Kamu pernah ada konflik ditempat kerja? Bagaimana mengatasinya?
- Pernah bekerja di bidang marketing?
- Mau ditempatkan di direktorat apa?
- Apa berita terakhir yang kamu ketahui mengenai pajak di indonesia (?)

Seinget saya hanya itu si, terus dikabari kalo ga salah 2-3 minggu akan di kabari jika lolos. Ohya, Wawancaranya menggunakan bahasa indonesia.


Klarifikasi Tatap Muka

Beberapa minggu kemudian saya diundang untuk klarifikasi tatap muka di Jakarta. Setau saya semua peserta diwajibkan datang ke jakarta untuk sesi ini. Di sesi ini pada dasarnya kita hanya validasi ke aslian berkas dengan berkas yang awal di upload pada pendaftaran, namun pihak HR ASI juga menanyakan beberapa hal yang harus kita paham diantaranya :

- Visi dan Misi Pertamina apa?
- Apa itu 6C? (Tata Nilai Pertamina)
- Ada berapa direktorat pertamina?

Udah abis itu pulang dan disuruh nunggu undangan interview User dan HR.
Bismillah.


Interview User dan HR


Tanggal 16 November saya dapat undangan Interview di kantor pusat pertamina, dan diundangan tertulis Direktorat Pengolahan, Alhamdulillah lega karena beberapa temen sebelumnya ada yang ke Direktorat Marketing.Tapi, undangan ini diterima H-1 alias tanggal 17 November 2017 saya harus wawancara. 

Jujur aja deg degan nungguin interview ini karena udah lamaaaaaaa banget semenjak saya interview sama perusahaan manapun secara langsung. So saat hari H bener bener rada serius persiapan sampe belajar tentang kilang dll.

Di hari H saya di wawancarai oleh VP HSSE Refinery, Bapak Mahendrata Sudibja dan 1 Orang ibu HR. Saat mulai wawancara, bapaknya izin untuk merekam apa yang saya katakan di HP nya. Ini unik si, pertama kali saya wawancara seperti ini..

Yang ditanyakan saat interview :

- Perkenalan (Pake Bahasa inggris)
- Pengalaman kerja, Role, pengalaman kuliah
- Kenapa mau pindah ke Pertamina?
- Ini bahasa inggris kamu bagus, belajar dimana?
- Gaji kamu di Danone berapa?
- Yakin mau pindah? Kamu malah downgrade selama masa pendidikan ini.
- Kamu kalo di pertamina mau di posisi apa?
- Apa yang kamu ketahui tentang pertamina? Semalem udah belajar apa aja?
- Kamu mau nikah kapan (!) selama pendidikan ga boleh nikah lho.
- Keluarga kamu berapa bersaudara?
- Kamu kalo menghadapi orang yang lebih tua bagaimana?
- Siap di tempatkan di papua? Enakan di Danone lho, kalo saya jadi kamu saya milih Danone.
- Kamu punya usaha?
- Seberapa yakin kamu masuk Pertamina?
- CV nya buat sendiri atau dibuatkan? Saya minta ya.

Well, jujur kalo dari skala 1-10, saya cuma kasih nilai 7 di wawancara tadi. Ndak terlalu smooth, dan jujur kepikiran banget sama apa yang di bilang sama bapaknya mengenai Pertamina vs Danone. Tapi tentu saja saya tetep carry on demi passion saya..


Medical

Sehabis wawancara diberi tahu kalau akan diadakan medical dalam waktu dekat jika lolos Interview. Jelas saja tanggal 24 November saya di suruh melakukan medical di RSPJ Jakarta. 

Rangkaian medical full yaitu :


- Cek Fisik (TB,BB,LP,TD)
- Cek Darah Pertama
- EKG
- USG Abdomen
- Thorax Photo
- Cek gigi dan mulut
- Cek dokter
- Audiometri
- Spirometri
- Visus (Cek Mata)
- Treadmill
- Cek Darah kedua

Done. Tinggal nunggu Offering kalo lolos..


Offering

Well saat yang ditunggu datang juga, 22 Desember 2018 akhirnya saya mendapatkan Offering dari Pertamina 😁



Dan akhirnya tiba saat untuk memutuskan, should i stay or should i go?


Pertamina Vs Danone


Jujur, ini bukan pilihan yang mudah. So saya jabarkan pertimbangan saya satu per satu..

Lokasi

Pertamina : Tentu saja akan di tempatkan Random di seluruh Indonesia.
Danone : Jawa Barat, akan tetap bisa di Rumah.

Suasana dan Ritme Kerja

Pertamina : Rutin, Teratur.
Danone : Bebas, Mobile.

Salary

Secara general (saat menjadi pegawai tetap) tidak terlalu berbeda. Saat Pendidikan perbedaan cukup signifikan.

Nikah (!)

Pertamina : Setelah Januari 2019 (1 tahun tidak boleh menikah)
Danone : Bisa Tahun 2018.

Stabilitas

Pertamina : BUMN cenderung lebih stabil dan di backup oleh negara.
Danone : Kompetisi semakin ketat dan semua perusahaan swasta dengan daya beli semakin menurun, melakukan efisiensi di segala lini.

Jaminan Kesehatan

Pertamina : +++++
Danone : +++

Prospek Karir

Pertamina : Karirnya menjajak tetap, jadi sudah ada jalan yang harus diikuti. Kenaikan tingkat struktural dan tertata.
Danone : Karir bisa lebih cepat karena kenaikan tingkat/development tidak didasarkan waktu kerja namun kapasitas.

Posisi

Pertamina : Process Engineer.
Danone : Masih di Energi (Currently) namun sangat mungkin pindah2.


So the final decision is, which one do you choose?

Choosing Option

Sebelumnya, Saya bersyukur karena dihadapkan pada pilihan dimana keduanya adalah pilihan yang baik untuk kedepannya.
Tiap orang mungkin akan berbeda jika dihadapkan pada pilihan ini. 6 orang dari 10 orang yang saya tanya pun akan cenderung untuk memilih Danone.

If i can choose both, i will choose both..
Pada akhirnya, setelah galau berhari hari, saya menentukan pilihan ke Pertamina.

Bismillah. Saya pun mantap untuk Resign untuk kedua kalinya.


Proses mengajukan Resign


Okay. Setelah memutuskan, sekarang gimana caranya untuk menyampaikan.. Sebelumnya saya sudah menyampaikan ini adalah kedua kalinya saya resign, sebelum saya di Danone saya bekerja di Nalco, sebuah service company

Saat itu saya baru 2 bulan bekerja, dan jujur Pressure-nya sangat berbeda dengan apa yang ada di Danone. Saya juga diberikan tenggang waktu yang sangat singkat untuk mengajukan resign sehingga membuat semuanya terasa berat, berdasar pengalaman saya, hal terpenting sebelum resign yang harus diperhatikan sebagai berikut :

-Konsul ke HR terlebih Dahulu
Ini hal yang pertama kali saya lakukan karena dari HR akan memberikan masukan seperti apa langkah dan etika kita untuk mengundurkan diri Dari posisi kita.

-Bicara Dengan N+1
Setelah HR Clear, barulah ke N+1. Disinilah tahap paling menentukan. Bisa saja setelah konsul dengan N+1 semua keputusan anda berubah. Bisa saja N+1 membuat “Deal” yang anda sendiri tidak dapat menolak secara mental. Disini juga kita harus kuat kuat dengan apa yang ingin kita perjuangkan.

-Buat Surat Resign
Oke. Setelah mendapat kata yes dari si Bos, barulah kita membuat surat resign. Jangan sampe kebalik ya langkahnya..Surat resign ini cuma formalitas aja kalo n+1 sudah mengetahui kita ingin resign.

-Buat Handover
Ini penting karena jangan sampe kita cuma meninggalkan beban sama tim, kita juga harus memastikan tim yang ditinggalkan dapat tetap bekerja dengan baik.

-Beritahu Tim
Tentu saja tim harus tahu kalau kita resign. Jangan sampai saat kita udah ga ada baru mereka tau. Hehe

-Urus Clearance
Setelah semua pihak ok dan tahu, kita urus deh hak dan tanggung jawab kita ke perusahan. Mengembalikan fasilitas perusahaan dan juga meminta data penting kita yang ada di perusahaan (bpjs,data pajak,dll)

-Urus paklaring (surat tanda berhenti bekerja)
Terakhir, jangan sampai lupa urus paklaring karena biasanya perusahaan baru akan minta surat sakti ini.



Tiap perusahan akan beda si cuma secara garis besar prosesnya seperti itu, mungkin akan ada tambahan tambahan yang berbeda, kalau di saya selain N+1 (Director Level) saya juga harus lapor juga dengan HR Director dan N+2 saya. Pada Akhirnya, jika alasan kita ga mencla mencle, pasti atasan akan mengerti alasan kita. :)

Setelah sepakat, diputuskanlah bahwa tanggal 19 Januari 2018 adalah hari Terakhir saya bekerja di Danone Indonesia..



New Journey


Terhitung tanggal 21 Januari 2018, saya mulai Onboard di program Bimbingan Profesi Sarjana Pertamina.



Fase Pendidikan

Kewiraan

Di tahap ini ada semacam wajib militer dari Pertamina untuk melatih kedisiplinan, kami menghabiskan waktu 2 minggu di Gn.Bunder dan Ciampea.

https://dl2.pushbulletusercontent.com/juNbnrM40ZxfecX76gQBbnyQFGZ14btE/e9962633-a66a-4ecd-9108-544d6911c841.JPG 
https://dl2.pushbulletusercontent.com/VxeFuN9MK7xWeLoEJfAW6yYffMcmgkes/IMG_7978.JPG
Kewiraan dengan Rindam @ Gunung Bunder

Wawasan Korporat

Disini kita mendapat materi tentang Pertamina dan Bisnisnya secara keseluruhan selama 1 minggu di Kantor Pusat Pertamina.



https://dl2.pushbulletusercontent.com/rR7dpMbdNBVJYLM8GQH6rgaXS2dSyDKl/IMG_8288.JPG 
Wawasan Korporat

HSE Training
Sebelum ke wawasan fungsi kami menjalani terlebih dahulu training HSE, baik praktek maupun teori.


https://dl2.pushbulletusercontent.com/fQxByi8tJd6CwMrZCG0mpilLXEhc9Al3/66abb41f-38ab-4ed8-8fb3-787b940f6fa8.JPG
HSE Training

Wawasan Fungsi

Wawasan fungsi ini berlangsung selama 3 bulan dimana kita dibekali dengan materi tentang direktorat dan fungsi kita masing masing. Untuk angkatan kami kami menjalani kelas di HSE TC Sungai Gerong, Palembang.


https://dl2.pushbulletusercontent.com/rAJoGs8QNFXODeL2rtHwsLaLc5GFiJCN/c048ff1e-a572-44ed-b2fd-d9d7b27a7d5e.JPG  
Wawasan Fungsi


Cross Pollination

Di cross pollination ini kita diwajibkan untuk belajar atau OJT di direktorat lainnya, untuk direktorat pengolahan sendiri akan melakukan Cross Pollination ke Direktorat Hulu, Gas, dan Pemasaran.

On Job Training dan Penempatan

Ini adalah saat saat yang paling ditunggu, akan diumumkan penempatan kita dan kita akan melakukan OJT di tempat kita di tugaskan.

Pengangkatan
Untuk angkatan kami, BPS 31 (Angkatan 31) akan diangkat 21 Januari 2019 di kantor pusat nanti..InsyaAllah..

Choosing Department

 

Di cerita diatas saya cerita kalau saya masuk ke Direktorat Pengolahan, setelah masuk ke direktorat kami dikelompokkan lagi kedalam sub bagian :
-Proses
-Non Proses
-Procurement

Saya sendiri karena jurusan Teknik Kimia masuk ke sub Proses. Umumnya nanti yang proses ini akan masuk ke Departemen Process Engineering di Kilang.

Kilang


Well. Karena emang sudah menjadi resiko orang teknik harus di kilang, kami harus siap dimana saja, untuk kilang pertamina sendiri yang aktif ada 6 :

RU II Dumai (Pekanbaru)
RU III Plaju (Palembang)
RU IV Cilacap
RU V Balikapapan
RU VI Balongan
RU VII Kasim

Doakan agar mendapat penempatan yang terbaik 😁

Langkah Selanjutnya di Pertamina


Saat ini saya sendiri masih dalam tahap Wawasan Fungsi di Palembang. Setelah ini akan ada Cross Pollination. Wish me luck.

Sampai jumpa di post berikutnya 😁

Salam,
Rendy Bayu Aji
https://www.linkedin.com/in/rendybayuaji/


https://dl2.pushbulletusercontent.com/cy1TDs2bwgIEF3QbHAU6NQqNZ7VB4kJW/asset.JPG 
New Colours #SemangatTerbarukan

1 comments:

Golden gamat emas mitoha said...

Goodluck

Post a Comment