Tuesday, 22 March 2016

Complete Journey in Chemical Engineering, Universitas Gadjah Mada


4 tahun bukanlah waktu yang singkat, apalagi jika waktu tersebut dijalankan ditempat yang begitu baru, Yogyakarta. Tapi disinilah semua mimpi ini dimulai, dimana seluruh karakter dibentuk, seluruh kenangan terukir (ceilah). Karena semua ini begitu berat untuk saya tinggalkan, maka sebagai bentuk persembahan terakhir untuk Jogja dan terkhusus Teknik Kimia UGM, saya membuat post ini :)

Semoga apa yang saya share, perjalanan saya, bisa memberi gambaran bagaimana kehidupan di Teknik Kimia UGM, kehidupan di jogja, juga kehidupan sebagai mahasiswa. Harapannya post ini bisa membuat temen temen yang baca bisa menghindari apa saja hal negatif yang terlewatkan selama perjalanan saya di jogja, dan mengambil manfaat dari sedikit dari apa yang telah saya lakukan :)

Note : Post nya panjang, mohon dimaafkan, 4 taun gamungkin bisa diceritakan dengan cepat :”

So, here it is! My Complete Journey In Chemical Engineering UGM!



1. Doa

Memilih suatu jurusan bukanlah hal yang mudah, banyak pertimbangan yang harus dilakukan dalam memilihnya, saya sendiri memilih Teknik Kimia UGM dengan alasan yang salah : Karena dulu suka dan paling bisa kimia. Saya yakin juga banyak orang yang akan sama alasan memilih Teknik Kimia sama saya wkwkwk anyway selain itu pertimbangan memilih Teknik Kimia karena memang kedepannya Teknik Kimia mempunyai lapangan pekerjaan yang sangat luas dan beragam dibandingkan dengan teknik lain.

Semua yang saya impikan tentu saja tidak akan terwujud tanpa usaha dan DOA. Doa doa yang mengalir dari keluarga dan teman teman tentu saja amat sangat berharga untuk saat saya saat itu, terutama doa dari ayah di alam sana, yang menginginkan anaknya menjadi seorang Engineer :)

 
Ini adalah salah satu doa dari sahabat baik saya, beny. Just info, saya juga membuat doa ini buat beny, dan Alhamdulillah dia juga tembus di jurusan yang diinginkan. Alhamdulillah.

Selanjutnya usaha, tentu saja melalui ujian ujian yang ada dan belajar lebih :)



2. SNMPTN


Saya masuk Teknik Kimia UGM lewat jalur tulis, belum cukup rezeki untuk bisa masuk lewat SNMPTN undangan. Hehe

SNMPTN 
Setelah empot empotan belajar buat SNMPTN tulis, voila akhirnya pengumuman itu datang juga. 29 Juni 2011, pas lagi main PES asik asik di kosan rio, pengumuman itu keluar :

Alhamdulillah bisa keterima di jurusan yang sudah diimpikan sejak awal : Teknik Kimia UGM :)

Well this euphoria ga bisa dinikmati lama lama, hehe. Jenjang baru didepan sudah menunggu hehe

3. PPSMB/PERSADA/ OSPEK Fakultas

Well, hal yang mesti banget dilakukan seorang mahasiswa adalah orientasi di kampusnya masing masing, dan jujur aja emang rada kaget si. Dulu gapernah tuh yang namanya motong motong bambu, angkat angkat barang, dan tidur Cuma 2 jam sehari. Sekarang semuanya diperkenalkan di ospek fakultas ini, rambut mesti botak, pake atribut aneh aneh, bawa makanan aneh aneh, macem macem lha. Berat rasanya, apalagi semuanya dilakukan dalam waktu berdekatan, namun alhamdulillahnya beratnya semua itu dijalani bareng bareng, bareng praja samudra pasai :


Praja Samudra Pasai.

Seberat apapun semua itu, eh ternyata kelar kelar aja tuh, rampung2 aja tuh, meski banyak banget kekurangan sana sini, alhamdulilah ospek fakultas akhirnya kelar. Manfaatnya?bagi saya ospek fakultas ini mengenalkan kita tentang kehidupan teknik sebenarnya : tidur kurang, deadline banyak, badan capek dll 


Pertama kali ospek, masih polos muka anak SMA

Ga kebayang kalo ga ikut ospek, mesti kaget banget begitu masuk ke dunia kuliah.

And by the way, load di kampus ga “seberapa” dibandingkan load di dunia kerja sebenernya lho (Seriously) jadi berbahagialah semua ini dijalani bertahap tahap. Hehe



Special Thanks : Mas Tito Mesin ’09 dan Mba Desti Teknik Nuklir09 Pemandu paling sabar



4. POLIMER / Ospek Jurusan 


Botak
Setelah ‘main’ sama fakultas saatnya bersenang senang dengan teman teman jurusan, hehe. Jujur aja pressure di ospek jurusan emang ga sekeras di fakultas, tapi lebih kerasa karena secara jumlah lebih sedikit dan emang mereka yang ngospek yaa yang bakal ketemu muluk ama kita. Ospek jurusan ini sama kayak ospek fakultas, tugasnya buanyaaaak, Cuma lebih sedikit manusiawi lah dibanding fakultas hehe 


Suasana Ngelembur Tugas


Faktor yang mungkin mulai buat berat adalah ospek ini dilakukan berbarengan dengan mulai masuk kuliah, jadi ya udah bludreg di jejelin fisika 1 sama KO di kelas eh masih dijejelin omelan SKK di weekend :"


(Note : SKK paling galak pas jaman w ospek : Mas Aldin TK’10. Beneran serem abis, tapi begitu tau orangnya, ceilee haha)

Anyway diomelinnya bareng bareng kok, bareng manusia manusia ini nihhhh


Kelompok THIOKOL Polimer 2011

Tak dinyana ospek itu kelar juga, ditutup sama pensi yang nyambut kedatangan kita ke teknik kimia ugm, happy ending!

Special thanks : Mas Ayub TK’10 dan Mba Dodo TK’10 Pemandu syupper

5. Kuliah Perdana/Semester perdana

Wesesehhh dah kelar ospek ngiranya si udah bisa ongkang ongkang kaki terus bisa leyeh leyeh nikmatin status mahasiswa, nyatanya tugas tugas mulai menggila menjelang UTS, nyobain organisasi sana sini juga ngebuat waktu kita terbagi.

Kalo buat saya sendiri, waktu kuliah ini telalu lowong dibanding jaman SMA dulu yang jam 7 berangkat jam 8 malem baru balik ke rumah (abis les) dan jujur aja waktu yang super duper lowong ini ngebuat saya malah ga produktif, nyantai. Dan saya orangnya gabisa begitu, ahhahaa alhasil IP semester ini adalah ip semester terjelek kedua (setelah semester 7) sepanjang sejarah saya di tekkim hehe

Tips saya si buat maba baru belajar bagi waktu yang baik, PDKT sama kakak angkatan dan cari teman belajar yang sesuai. Kunci sukses belajar di tekkim cuma itu aja kok. Hehe

Kebanyakan di tekkim tuh yang anjlok di awal selain yang case nya kayak saya alasan lainnya adalah ngeliat temen temen seangkatannya pinter pinter terus minder, terus pasrah, dan akhirnya anjlok di semester perdana ini. Tenang aja, kalo kita udah masuk suatu sistem, berarti kita emang udah layak masuk ke dalam sistem itu, memang banyak yang lebih dari kita, tapi dijadikan motivasi aja, supaya kita bisa menaikkan level kita ke level yang lebih tinggi lagi hehe

Tips lainnya adalah jangan kebanyakan ngerjain organisasi sampe kerjaan kuliah ga pernah di garap hahahaha , biasanya masa masa awal gini adalah masa masa dimana semua bakal coba coba organisasi sampe lupa kuliahnya. Gimana caranya baginya? Kalo saya si mulai semester 2 mulai merencanakan apa yang akan saya lakukan minimal untuk satu minggu kedepan, padatkan jadwal selama satu minggu itu, kalo ada waktu yang bener bener lowong, manfaatkan buat hal hal bermanfaat, trust me it works!

Dari sisi IP si saya naik 0,2 dari semester sebelumnya, ya lumayanlah, tapi berkat manajemen waktu tersebut Alhamdulillah IP semester saya selalu naik (kecuali di semester 7) dengan perencanaan itu. So perencanaan emang penting banget! 


 
6. Keluarga Muslim Teknik

Organisasi pertama saya, saya gabung jadi staff syiar waktu itu hehe

Ini teknik kimia ugm’11 yang gabung KMT waktu awal saya masuk 


Dilosatik KMT

Sayangnya memang saya ga berkiprah lama di KMT, Cuma satu tahun sebelum mencoba hal yang baru :)


7. BEM KMFT UGM

Organisasi pergerakan teknik. Pertama kali masuk langsung masuk PSDM karena emang pengen belajar lebih tentang human resources, ngembangin apa yang dulu pernah didapet di OSIS dulu hehe

Di PSDM ini Alhamdulillah saya beberapa kali mendapat kesempatan untuk jadi ketua acara, dari PSDM ini pula saya bisa diwakilkan ke Jaringan Teknik Sinergis atau TELESKOP.

PSDM BEM KMFT UGM

Sayangnya karir di PSDM pun ga berlangsung lama, hanya setahun lebih sebelum akhirnya memutuskan untuk hijrah ke BPM untuk mencoba peruntungan di jurusan hehe 

 
8. Conference-Conference

Selain nyoba nyoba organisasi yang aneh aneh, masa masa awal dulu demen banget buat nyoba nyoba conference atau seminar seminar yang aneh aneh, yaaa itung itung tambah ilmu. Hehe

Banyak banget manfaat yang bisa didapat dari conference ini, selain ilmu, makan gratis #eh , conference juga buat isi isi CV kalian yang terbukti bakal fundamental buat kedepannya.
ini salah satu conference yang saya sempet hadiri :



ICAYL (International Conference for Asean Young Leaders)

Sisanya ga ada dokumentasinya karena fokus makan gasempet dokumentasiin :)
Selain itu juga ada banyak training training yang bisa ngembangin diri kalian kayak Petroleum Industry Training yang bagus banget diadain Teknik Kimia UGM :) *Promosi*

 
9. Galan Expo / Cijantung Campus Expo


Jadi dulu di SMA saya pada tahun pertama kuliah biasanya mahasiswa dari SMA saya di seluruh Indonesia ngumpul buat berbagi pengalaman gimana rasanya kuliah dan gimana cara masuk ke kampus masing masing. Disini saya jadi presenter buat kampus saya, dan rasanya mayan kikuk juga si hahahaha, berbeda rasanya dulu ngomong sebagai murid jaman masih di OSIS dan ngomong sebagai alumni hehehe

Anyway menurut saya agenda ini merupakan “kewajiban” bagi saya untuk berbagi sama adek adek kelas di SMA hehe 



CIKAMPEX atau Cijantung Campus Expo

10. BPM KMTK FT UGM

Tahun kedua. Mulai tahun ini saya coba coba buat masuk ke ranah lain. Setelah pernah nyobain menjadi eksekutif di BEM, di BPM ini saya berperan sebagai legislatif. BPM ini tugasnya sebenernya simple : mengawasi dan memberi masukan buat KMTK FT UGM, badan eksekutifnya. Disini belajar hal baru lha, gimana ga jadi eksekutor tapi jadi “penilai” dari suatu acara, ga banyak ngomong tapi banyak memperbaiki. Hehe

Di BPM kerjanya santai, banyak jalan jalanya juga (Buat ngawasin Bidang) , jadi ya menikmati banget.

Oiya di BPM ini ada 3 Komisi : A, B, C. Saya di Komisi A sehingga harus mengawasi kinerja dari Ketua umum, Sekretaris bendahara dan Bidang 3 (Kaderisasi).


BPM KMTK FT UGM


Ini dia temen temen komisi A dulu, garang garang ye?hahaha 

Komisi A BPM KMTK FT UGM

11. Pemandu Ospek Jurusan (POLIMER)


Dulu awal tahun kedua dapet kesempatan buat jadi pemandu ospek haha, niatnya buat ngisi waktu aja si, juga biar memperluas jaringan,hehe. Dulu milih pemandu soalnya jadi pemandu tuh jadi malaikat, saat anak anak yang diospek di marah marahin sama KOMDIS/SKK pemandu yang ngademin, yaa asik lha punya peran jadi anak baik hehehehehe

Di ospek ini saya dapet kelompok yang sama persis namanya kayak kelompok ospek saya dulu : THIOKOL hehe. Partner saya dulu Rina TK’11 , dan bener bener jadi pemandu yang baik baik deh haha. Jujur pengalaman pertama jadi pemandu ini berbeda banget sama dulu misalnya jadi pemandu kelas pas MOS jaman SMA, dulu mesti bisa sedikit garang, kalo ini, sekalipun kita ngasih tugas seabrek abrek kepemanduan tetep jadi sesuatu yang menyenangkan buat mereka karena setelah ospek yang menegangkan, mereka bisa bercanda dan cooling down dengan kita :)


THIOKOL 2012

Cukup bangga,soalnya dari anak anak ini semuanya jadi petinggi top di KMTK saat ini, orang penting lhaa :3

12. Formatur

Dari BPM itu, karir organisasi saya di teknik kimia dimulai (disamping ikut BSO almustaqim juga, nanti diceritain belakangan) , dan Alhamdulillah dengan kepercayaan temen temen angkatan 2011 saya diamanahkan untuk bisa menjadi salah satu calon Formatur KMTK FT UGM. Saat itu ada 5 calon formatur ( Arai, Jessie, Saya, Akif 12, Adit 12) dan ke lima orang itu diadu dalam sebuah pemilihan umum dimana hanya 3 orang terpilih yang menjadi formatur KMTK FT UGM. Ini pengalaman pertama saya ikut pemilu yang dipilih satu departemen (yaa dulu paling cuma ikut pemilihan ketua kelas) dan sebenernya nothing to lose si, dianggep pengalaman aja.

Di sini sebelum pemilu dilakukan, ada debat dari calon calon formatur. 


Debat Formatur

Ini dia saya pas lagi debat formatur, masih kurus super 


Masa masa kejayaan

Di debat ini diliat visi dari masing masing calon formatur buat KMTK kedepannya. Dan Alhamdulillahnya dulu si lancar lancar aja, Tanya jawab dengan mahasiswa juga. Ada dosen juga. Haha seru lah pokoknya. Oiya sebelum pemilu dikasih waktu buat kampanye,haha udah kayak parpol aja ye, yaa saya yang juga waktunya mepet mah bisa apa akhirnya buat poster ini :


Poster kampanye formatur

Aneh ye?iye saya juga ngerasa aneh, tapi yaudah namanya juga belajar hehe. Sampai akhirnya tiba hari pemilihan itu, lupa saya tanggal berapa daaan ini hasilnya : 


Hasil Pemilu

Saya ga kepilih, kalah. Wkwk . tapi gapapa si nothing to lose juga, dan saya pribadi bakal ngerasa aneh kalo saya sampe lolos, berarti formatur semuanya 2011 dong?ga ada regenerasi wkwk. Selain itu status saya yang jadi outsider alias orang luar juga ga ngebuat saya kuat di pemilu ini. so kembali lagi, nothing to lose hehe

Satu satunya penyesalan adalah pada waktu pemilu ini saya udah ga ada kesempatan buat masuk KMTK FT UGM, dan jadi formatur mungkin Cuma jalan satu satunya buat masuk KMTK, sampai detik ini, rasa penyesalan ga pernah masuk KMTK eksekutif itu ada, Cuma mau gimana lagi, we have to move on hehehehehe NEXT!



13. Almustaqim Teknik Kimia UGM

Okeee, jadi Almustaqim ini adalah salah satu BSO di teknik kimia UGM atau Badan Semi Otonom, BSO lainnya ada MAPATEKA (Pecinta Alam Tekkim) , ENTROPI (Media) , dan KSTM (Kelompok studi). Intinya BSO ini wadah buat mengembangkan sisi lain dai mahasiswa lha hehe, kalo dulu, eskul kali ye namanya. Nha saya masuk ke almustaqim ini mulai tahun ke dua, jujur aja dulu keadaan almustaqim relatif kurang baik, minim kader, kegiatan yang banyak ga berjalan, dan belum ada struktur yang apik.

Nha mulai saya masuk digagasi oleh mas Erlan dan mas Maruf 2010, almustaqim perlahan diperbaiki, dari sisi kader dan organisasinya, perlahan mulai membaik hehe.

Setelah tahun kedua di BPM dan di Almustaqim Cuma jadi staff, pas tahun ketiga saya juga kaget, saya ternyata diamanahkan untuk menjadi sekretaris jenderalnya Almustaqim, dimana tugas dari sekjend ini adalah bertanggung jawab sama seluruh agendanya almustaqim dan memanage semua departemen yang ada di almustaqim. Alhamdulillah dan astagfirullah.. Amanah baru.

Pengalaman yang baru, dan Alhamdulillah Almustaqim di masa kami ini terus berkembang sampai saat ini, dimulai dari ga ada yang wanita sama sekali waktu zaman 2009, sampai akhirnya lumayan banyak di akhir kepengurusan kami hehe 

Keluarga Besar Almustaqim UGM

Yang paling saya banggakan dari periode kita adalah dimana kaderisasi dari kader yang ada jadi lebih bagus, ada pelatihannya juga, ada mentoring dan pertemuan mingguan yang jadi “roh” dari almustaqim sendiri hehe

Oiya di almustaqim ini tidak sendiri saya ngerewanginya, ini dia PI (Pengurus Inti) Kece Almustaqim Teknik Kimia FT UGM : 



PI Almustaqim


14. The Engineering Leadership Workshop (Teleskop) / Jaringan Teknik Strategis


Oke sebelum lebih lanjut ceritanya, pada awal tahun kedua ada yang namanya Teleskop atau The Engineering Leadership Workshop. Teleskop ini ibaratnya pelatihan kepemimpinan untuk orang orang yang dipilih sama organisasi masing masing di seluruh teknik. Goalnya?intinya si anak anak yang dikirim ke teleskop ini adalah anak anak yang diharapkan nanti jadi pemimpin di teknik, jadi dikumpulkan dan dijadikan suatu sistem yang namanya jaringan teknik strategis. Nahh dulu saya dulu perwakilan dari PSDM BEM KMFT, dan saat pelatihan berlangsung (dulu di teknik) saya diamanahkan menjadi Ketua Angkatan dari Jaringan ini, amanah baru lagi, istigfar lagi.. astagfirullah..

Nantinya orang orang yang berada dalam jaringan ini akan membuat acara yang sama tahun depannya, dan harapannya, jaringan ini bisa bersama sama buat menyatukan teknik. Alhamdulillah dari acara ini saya dapet buanyaaaak temen temen yang luar biasa di teknik dan beneran, ujung ujungnya mereka mereka juga yang jadi ketua KM dan ketua organisasi di teknik hehe

Cukup bahagia! Hehe

Kelompok Teleskop 2013

Pagelaran Teleskop,waktu jadi panitia.


15. Pemandu PPSMB Fakultas

Di awal tahun ketiga, setelah sukses jadi pemandu ospek jurusan saya coba coba jadi pemandu ospek fakultas, PRAJURIT namanya, ini agak sedikit berbeda sama pemandu ospek jurusan, disini mesti megang sekitar 20an orang dan tetep Cuma 2 orang pemandu. Hehe

Persiapan pas menjadi pemandu ini juga macem macem ada pelatihan pelatihan beberapa bulan sebelum hari H. pas hari H, serunya adalah kita ikutan capek bareng mereka, kerja bareng mereka, ngantuk bareng mereka, seru lha!

Ini dia kelompok saya :



Batalion 39 in action.


 Pemandu Kluster O

Batalion 39 : Reformasi 

16. Beasiswa

Bagi beberapa orang, beasiswa ini adalah lifeline mereka, harapan mereka buat bertahan di kota rantau, dan saya salah satunya hehehe

Banyak banget beasiswa yang bertebaran di ugm terutama, sering sering aja ngecek web nya ditmawa buat infonya. Saya bukan orang yang gampang buat dapet beasiswa, udah banyak banget ketolak buat apply beasiswa sana sini haha, dan buat saya si, apply beasiswa selain juga buat menyambung hidup dan berjuang demi semangkok mie afui (?) , apply beasiswa juga belajar ngebuat kita bersaing dan berjuang demi apa yang kita dapetin, dan di masa masa cari kerja saat udah lulus, kita juga punya pengalaman ngelewatin tes tes soalnya pas apply beasiswa itu juga kita juga melewati tahapan, kayak psikotes, wawancara dll. Berikut beberapa beasiswa yang pernah saya apply dan dapatkan hehe :


a. PPA dan BBM

PPA dan BBM ini beasiswa yang paling gampang ibaratnya buat didapat, as long as your gpa above 3,5 mesti dapet harusnya hehe, beasiswa ini biasanya muncul setaun sekali, sering cek dirmawa aja, lumayan, seinget saya dapet 350rb/bulan. Hehe

b. Tanoto Foundation


Ini beasiswa yang lumayan tersohor, dibiayain oleh tanoto foundation, tanoto ini membiayain semua biaya kuliah, baik bop spp dan biaya hidup bahkan dikasih biaya buat buku dll, syaratnya IPK 3.25 kalo ga salah dan mesti menjaga IPK tetep di atas 3 agar beasiswanya lanjut terut. Beasiswa ini buka tiap taun kok. Hehe

Sayangnya dulu ga sempet dapet beasiswa ini, gapapa yang penting udah nyoba J

c. Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa yang kece, dan salah satu yang saya acungin jempol karena selain ngasih biaya, djarum juga ngasih development program. Jadi ga semata mata cuma sebagai pemberi biaya namun juga perusahaan menyediakan wadah kita untuk berkembang dan memberikan jaringan tambahan bagi kita. Tahapan buat dapet beasiswa ini ada tes tertulis,LGD, terus wawancara, Beasiswa ini buka setiap taun biasanya buat mahasiswa semester 5. Sayangnya belum rezeki buat beasiswa ini,(Ketolak, lagi.)

d. Total E&P Indonesia Undergraduate Scholarship

Beasiswa ini salah satu beasiswa yang lumayan seru, banyak tes tesnya juga persis kayak djarum, tahapannya ada Tes tertulis,LGD, Wawancara HRD, Wawancara User (Di jakarta). Dulu udah sampe tahap akhir, wawancara sama usernya pake bahasa inggris, saya yang notabene pertama kali wawancara bahasa inggris kagok banget, mana usernya rada horor juga haha. Akhirnya yaaa gagal disitu huhu, tapi ya gapapa, nyesel si tinggal selangkah lagi, tapi gapapa, harus ikhlas (untuk gagal lagi). Btw buat yang total ini jeleknya dia ga ada development programnya jadi cuma dikasih duit aja setauku. 


 Undangan Final Interview

e. Beasiswa AstraFirst

Beasiswa dari astra, kalo ga salah 500rb/bulan. Seleksinya cukup ketat, ada tes tertulis (macam psikotes) terus wawancara hr dan user. Sayangnya juga masih belum jodoh disini :”

f. Beasiswa SOBAT BUMI

Ini beasiswa dari pertamina. SOBUM disingkatnya. Salah satu beasiswa yang kece dan cocok buat kamu yang punya pengalaman dibidang environtment hehe, dulu saya sudah sampai tahap akhir (wawancara) tinggal 10 orang dan diambil 5 orang, sayangnya masih belum rejeki lagi :”
Sobat bumi ini nge cover semua biaya kita, SPP BOP uang saku, dan juga ada development programnya so gabakal nyesel dapet beasiswa ini.

g. Beasiswa Alumni Teknik Kimia UGM

Nha buat temen temen tekkim sebenernya gausah jauh jauh juga kalo mau dapet bantuan biaya, dari alumni kita yang kece kece (yaaa saya juga udah alumni sekarang, hehe) juga ada beasiswa yang mendukung kita selama kuliah, biasanya dikasih sekitar 400-500 rb/ bulan selama dua semester, enaknya alumni ini, kebanyakan justru tanpa tes, langsung dapet. Dan biasanya yang apply minim, misal slot beasiswanya 2,biasanya yang apply Cuma 3/5.
Dari beasiswa alumni ini Alhamdulillah saya dapat dari alumni 94, alumni 2007, dan alumni 1984. :)

h. Beasiswa Bakti BCA

Beasiswa dari BCA, nge cover semua biaya, SPP BOP dan Uang saku. Selain itu juga ada development programnya, semacam leadership workshop gitu, so kece lha beasiswa ini hehe. Dulu beasiswa ini buat semester 7-8 , sekarang jadi buat semester 5-8, jadi lebih panjang dan development programnya jadi lebih mantep hehe

Dulu dapet beasiswa ini, dan Alhamdulillah ga nyesel karena dapet link yang luar biasa juga didalemnya. :)




                                                                    Tim saat workshop :)
                                                          
                                                                Beswan Bakti BCA 2014

Ya selain yang saya sebutin banyak banget beasiswa yang lain lain diantaranya : 

-Beasiswa KAGAMA (Dari alumni UGM)
-Beasiswa KSE (Karya Salemba Empat, ini bagus banget, ada dev programnya juga, buka tiap taun)
-Beasiswa SYNERGY (Beasiswa ini kontrak kerja, kalo mau dapet, nanti mesti kerja di PT Synergy selama 2 tahun kalo ga salah, anak 11 yang dapet ini ada Septi, Meme, Nur Dewi, Apip. Cocok buat kamu yang emang mau langsung sepaket hehe)
-Beasiswa Supersemar
-Beasiswa Triputra
-Beasiswa Pembangunan Jaya
-Beasiswa Tenaris 
-Dll
Selagi masih bisa,dicoba aja cari beasiswa, hitung2 meringankan beban orangtua bukan?:)


17. POTK

Setiap mahasiswa yang mau ambil TA mesti ngelewatin “jurang” yang satu ini. Praktikum Operasi Teknik Kimia namanya, dimana setiap mahasiswa diharuskan melewati test terlebih dahulu sebelum bisa melakukan praktikum. Tes nya berupa 4 soal essay yang meliputi matakuliah yang berhubungan dengan operasi teknik kimia (OPB,OPMP,PT,TBS,AIK). Soal yang susah dan butuh belajar lebih buat nyelesainnya ini ngebuat POTK ini jadi momok. Biasanya Cuma ada 5x tes (regular) untuk semua peserta, dan kalo ga lolos ya gabisa melanjutkan POTKnya. Dulu saya ambil POTK ini percepatan, dan Alhamdulillah masih bisa lolos.

Selain tesnya,POTK juga terkenal karena adanya PRAKSUS atau praktikum susah praktikum khusus. Di praktikum khusus ini kita diharuskan untuk membuat suatu praktikum dimana kita harus mencari sendiri cara kerjanya, analisisnya dll. Dari tim dosen dan asisten Cuma memberikan *secarik* judul untuk dikerjakan dan bikin ndasmu mumet hehe. Setelah bikin proposal dan lainnya kita diharuskan untuk menghadap Prof Wahyudi, dosen paling senior di tekkim dan urusan OTK untuk ibaratnya didadar. Nha disini serunya, dimana mahasiswa di semprot habis habisan dan mesti muter otak untuk buat praktikum yang sesuai dengan apa yang diminta bapaknya hehe. Dulu Alhamdulillah masih bisa lancar dan bisa menyelesaikan POTK dengan selamat sentosa :”

18. Asisten

Setelah selamat dari jurang POTK, akhirnya saya juga bisa mendapatkan kesempatan mencoba menjadi Asisten Laboratorium, Alhamdulillah. Kenapa jadi asisten? Kalo saya sendiri si emang merasa apa yang kita punya itu mesti dibagi, mau sedikit, mau belum bisa ngebaginya bahkan, perlahan itu mesti dibagi, belajar :)
Selain itu juga jadi asisten belajar memahami berbagai macam karakter orang yang aneh aneh dan bagaimana menghadapinya, tentu saja sambil menambah teman :)

Pertama kali dapet peluang buat daftar asisten waktu itu bulan Januari 2014, waktu itu PAB (Praktikum analisis bahan) dan Praktikum Dasar Proses membuka Open Recruitment. Saya daftar, cuma wawancara sekali kok, dan Alhamdulillahnya keterima. Waktu keterima dapetnya di PAB, tapi beberapa saat kemudian dipindah ke Proses, hal yang gapernah saya sesali sampai sekarang hehe. Di praktikum proses pertama kali ini, saya ketemu sama temen temen 2012. Saya megang kode H, Rekristalisasi Asam Oksalat.

Tim Asisten Proses 2013/2014
Lanjut ke semester berikutnya saya masih lanjut sebagai asisten, jadi kontrak sebagai asisten itu minimal 2 semester maksimal 3 semester, dan pengalaman dari kemarin ternyata enjoy enjoy aja jadi asisten, dibilang malesin ngoreksi laporan, ternyata enggak juga hehe. So saya lanjut ke Asisten proses semester ganjil, kali ini ketemu sama 2013, yang semester lalu ambil PAB (Jadi alurnya mesti ambil PAB dulu baru bisa ambil proses), dan masih megang kode yang sama, H. hehe 


Tim Asisten Proses 2014/2015

Masuk ke semester selanjutnya, saya semester 8, udah lumayan selo dan kalo ga dimanfaatkan lebih untuk kegiatan bermanfaat, sayang juga, hehe

So di awal semester 8 saya daftar 2 Asisten laboratorium, Laboratorium Komputasi dan Laboratorium Separasi (POTK, tenang ga bales dendam kok). Alhamdulillah keduanya masih keterima. Kerasa bakal sibuk banget?ternyata ga juga kok, malah semangat karena bisa berinteraksi dengan banyak orang hehehe

Oiya saya masih lanjut ke semester ke tiga buat jadi asisten di “lab atas” hehe so selanjutnya saya ke Asisten Analisis Bahan, ketemu sama temen temen 2014. Disini saya megang kode baru, tetep H, tapi namanya Spektrofotometri. Hehe 


 

Tim Asisten Analisis Bahan 2014/2015

Buat lab komputasi, atau asisten pemrograman, daftarnya Cuma sekadar ngisi link yang di share mas ari, nanti tim dosen yang akan menyeleksi, di praktikum pemrograman ini kita sama sama belajar sama temen temen untuk praktek pemrograman mereka menggunakan MATLAB. Di lab ini ketemu sama temen temen 2013, dan yang istimewa dari Asisten ini adalah saya ‘dikorbankan’ menjadi koordinator, sebuah amanah baru lagi. :)

Tim Asisten Pemrograman 2014/2015

Selanjutnya ke asisten POTK, di sini buat daftar kita harus nulis nilai matkul OTK kita dan kemudian diseleksi dari situ (OPB,TBS,PT,AIK,OPMP). Di sini tugasnya Asisten sama seperti di PAB/Proses, Cuma bedanya disini jam jaganya lebih dikit hehe. Disini saya megang kode E, filtrasi, kode paling seru, kerjaannya main air hehe
Tim Asisten Operasi Teknik Kimia 2014/2015

Sebenernya saya kira kiprah saya di dunia perasistenan bakal berhenti sampai situ, udah semester 8 juga,udah mau lulus juga, namun keputusan saya buat menunda kelulusan sampai februari (nanti saya ceritain di akhir) ngebuat saya lanjut asisten OTK dan apply buat jadi Asisten Simulasi Proses (ASPEN). Hehe 

Tim Asisten Operasi Teknik Kimia 2015/2016

Di Lab ASPEN ini kerjaan kita download film yang banyak,ngadem dan jualan micin sebanyak banyaknya mbimbing buat memahami program untuk tugas akhir, Aspen Plus. Yang unik dari adalah rekrutment ASPEN cuma melalui 1 tahap, wawancara, tapi wawancara disini kumplit banget dan pake bahasa inggris ditanya nya haha, ya Alhamdulillah bisa bisa aja dan bisa nyobain ademnya ac aspen dan kenceng internetnya suatu yang baru dan belajar suatu yang baru. Oiya disini ketemu lagi sama temen temen 2012. Hehe

Tim Asisten Proses Simulasi (ASPEN, Gen 23) 2015/2016

19. KKN

Setiap mahasiswa UGM di wajibkan buat mengikuti KKN, alias Kuliah Kerja Nyelo Nyata. Disini kita diharuskan memilih daerah untuk dikembangkan atau diberdayakan lha istilahnya hehe

Waktu itu saya dapat di daerah Wonosobo, tepatnya Desa Sindupaten. Tempatnya syahdu, asik. :)

Bagi saya si KKN ini penting karena mbuat kita back to earth, ngerasain di bawah dan ngerasain gimana hidup di masyarakat. Saya di wonosobo dua bulan, pas bulan puasa pula, sekitar bulan juni-juli 2014, bener bener pengalaman yang ga terlupakan :)

Puncak Sikunir

Anak Anak Desa Sindupaten

Desa Sindupaten


KKN Sindupaten, JTG 28


20. Kulker

Kulker alias Kuliah Kerja. Intinya si ini kunjungan industri bareng seangkatan dan main bareng hahahahahahaha. Kita kulker ke Jatim-Bali, bulan September 2014, mengunjungi beberapa industri diantaranya Petrokimia Gresik, Semen Gresik, Campina dan Indofood. Setelah itu kita ke Bali!!! Jalan jalan seangkatan Teknik Kimia UGM 2011, ya intinya seneng2 lha hehe



 Calon Mantu Masa depan 2011


                                                                               LS 


W/ Partner in Fat, Wildan

 
Teknik Kimia UGM 2011, Vaastu Mahagama 


21. Grader dan Tutor

Selain asistensi, mulai semester 7 saya mulai iseng iseng apply jadi grader dan tutor. Waktu itu Alhamdulillah keterima buat jadi grader dan tutor buat mata kuliah Pengendalian Proses dan Termodinamika Teknik Kimia 2. Hehe

Pengalaman jadi grader dan tutor?jadi grader dan tutor enak kok ehehe, selain dapet fee yang lumayan juga, melatih kita juga buat bisa pede di hal yang ga “nyantai” dan serius hehe yaa itung itung pendalaman materi juga kan hehe


22. Seminar

Di tekkim ada namanya 3 segitiga maut yang mesti dilewati untuk bisa lulus : PENELITIAN – KERJA PRAKTEK – TUGAS AKHIR. Nhaaa biasanya si semuanya bakal dikerjain barengan, di semester 7, jadi bakalan mumet banget. Keuntungan ambil POTK lebih dahulu adalah bisa ambil penelitian satu semester lebih awal, jadi saya bisa ambil penelitian di semester 6, yaaa pusing diawal lha, tapi mengurangi beban di akhir hehe

Saya penelitian sama bapak Hary Sulistyo, bapaknya asyik banget buat diajak diskusi, welcome lha, permasalah dari penelitian ini adalah data yang ga kunjung kunjung waras dan sesuai teori. Saya dan partner, Meme alias Ardina Lukita beneran dibikin stress selama nge lab di Lab Teknik Reaksi Kimia. Alhamdulillahnya di ujung deadline seminar kita bisa dapet data yang ‘cukup layak’ untuk di seminarkan dan kita bisa seminar tanggal 13 November 2014. Alhamdulillah seminar berjalan lancar dan Penelitian bisa dicukupkan fyuuhh…. 


Bersama Partner Penelitian, Seminar 13 November 2014

Saran aja si, kalo emang bisa, penelitian emang harus diambil lebih awal, soalnya bakal makan waktu dan bakalan ganggu kalo baru dikerjakan di semester 7.hehe



23. KP

Segitiga nomer dua, kerja praktek. Saya melakukan kerja praktek di PT Pupuk Kalimantan Timur, bulan Januari-Maret 2015. Di PKT ini unik, kalo mau apply KP disana mesti apply 1 tahun sebelum so saya udah apply kp ini dari semester 5. Disini saya ditempatkan di departemen Pengelolaan Energi, bareng sama PE-PE (Process Engineer, red) yang super super dan kedapetan tugas buat evaluasi kinerja primary reformer Kaltim 1-A. Pengalaman yang unik karena saya baru pertama kali ke Bontang dan Kalimantan, hehe. Selama di PKT enak lha, dapet gaji juga, dan yang mbuat saya milih PKT adalah karena proses yang ada sangat kompleks dan alat yang ada juga lengkap, jadi bisa ngeliat langsung alat yang dirancang pas perpan opb aik secara langsung di lapangan, sooo ga nyesel, PKT keren!

Beberapa Foto Pabrik 1-A yang saya dapat di PKT 





Kaltim 1-A

Primary Reformer Kaltim 1-A

Di sini sebelum pulang mesti presentasi dulu,tugas Umum (Belajar proses pabrik secara umum) dan tugas khusus (Primary Reformer saya tadi). Pas presentasi ketauan banget ternyata pengetahuan kita baru di kulit banget dan lumayan dapat banyak masukan dari PE PE disana, tapi Alhamdulillah pas tugas khusus malah dapet pujian dari sana karena katanya matlabnya (katanya) bisa diimplementasikan untuk operator-operator nantinya :" 


Tim KP Bontang Teknik Kimia UGM Januari 2015 (PKT dan PT Badak)

Di bontang yang disayangkan Cuma 1, makanan yang kadang harganya suka random dan mahal selangit, tapi tips aja buat yang KP di PKT, tahu tek lok tuan enak banget wkwk.

24. Proyek-Proyek

Semester 8 merupakan semester terpenuh pengalaman selama saya di teknik kimia. Selain masih jadi asisten dan grader, Alhamdulillah saya dikasih kesempatan untuk bantu bantu di beberapa proyek dosen, ada 4 proyek yang saya kerjakan semua sama partner Tugas Akhir saya, Rendy Widya Anugerah :



a. Proyek Feasibility Analysis untuk Power Plant TPA Payakumbuh 

 
Intinya di proyek ini kita analisis potensi listrik yang bisa dibangkitkan dari sampah yang ada di TPA Payakumbuh. Nha disini kita kerja bareng bapak Agus Prasetya, Pak Ahmad Tawfiqurrahman, Pak Rochim Bakti dan Bu Siti Syamsiah. Pengalaman yang oke banget kerja bareng bareng sama dosen :) 

Kunjungan ke TPA Payakumbuh

 Keadaan TPA Payakumbuh

 
 Ditutupi agar gas metan tidak kemana mana

b. Proyek Pembangunan Pilot Plant Obat Kanker, Pentagamaboronon-0


Ini proyek terbesar yang pernah saya dapet, merupakan proyek dari dana Kementrian Perindustrian. Intinya obat kanker yang akan dibuat, pentagamaboronon-0 ini, akan dibuat pilot plant nya di UGM, tepatnya di PAU UGM, dengan dana yang ga main main pula. Disini kerjaan saya sama Rendy Widya adalah mbuat proses yang sesuai untuk skala pilot plant dan milih alat yang tepat buat proses yang ada. Yang seru adalah kita kerja sama mahasiswa mahasiswa dan dosen dosen dari berbagai macam fakultas, ada yang dari farmasi dan hukum juga, jadi juga menambah relasi kita :)

Pada proyek ini dosen tekkim yang terlibat ada pak Taufieq, pak Rochim, pak Budhijanto dan pak Wahyudi. 



Tim Pilot Plant Pentagamaboronon-0

c. Proyek Feasibility Analysis pabrik fruktosa dari singkong

Intinya ngerancang pabrik, Cuma proyek ini baru sampai tahap analisis awal kemudian terpending karena suatu kendala hehe

d. Proyek Pembangunan Absorber untuk minimasi Ammonia Leak, PT Pupuk Kalimantan Timur

Nha ini juga ga kalah gedenya sama sebelumnya, intinya di kaltim 4 itu banyak banget ammonia yang lolos ke udara bebas, dan itu makin lama juga makin ga bagus buat lingkungan karena ppm ammonia yang ada di udara bebas makin nambah kan?selain itu ammonia itu juga mahal, jadi mending di recovery lagi buat jadi produk. Oleh karena itu pihak PKT menghubungi UGM buat proyek ini dan kerjaan kita adalah ngerancang absorber buat minimasi ammonia leak itu. Di proyek ini kita dibimbing sama pak Aziz dan pak Taufieq dibawah supervisi pak Wahyudi dan pak Rozi.



Capek?lumayan. tapi seru! Saran saya si kalo emang pengen dapet proyek yang aneh aneh mesti PDKT emang ke dosen dosen yang ada, caranya? Selain emang dosennya DPA, Dosen penel atau dosen TA, cobalah jadi grader/tutornya. Hehe saya si dapetnya karena itu, dan dosen biasanya kalau sudah percaya sekali akan percaya terus2an buat yang selanjutnya hehe, mumpung masih muda, terus cari kesempatan kesempatan itu karena dosen dosen kita buanyaak banget punya proyek proyek dan kita bisa belajar banyak di dalamnya.



25. SNTKI

Seminar Nasional Teknik Kimia. Disini kita dapat kesempatan buat presentasiin hasil analisis di TPA payakumbuh, Alhamdulillah. Ya itung itung belajar nulis paper dan publikasiin. Hehe 


SNTKI 2015


26. Pendadaran


Jeng jeng jeng. Setelah dua segitiga telewat, tersisa 1 segitiga lagi, tugas akhir. Setelah satu tahun ngerjain tugas akhir dibawah bimbingan bapak Muslikhin Hidayat, tiba juga hari paling menentukan kelulusan itu, 15 Oktober 2015. Dari sebelum pendadaran udah dibuat gemeteran dan ga tenang karena dapet dosen penguji yang paling horor se tekkim, bapak **am P, Dan yaaa pas didalam juga jadi ikutan nervous.

Alhamdulillah tapi akhirnya segitiga terakhir bisa dilewati dan bisa lulus yeaaaaah! Alhamdulillah :) 

Pendadaran

Keliatan kan muka lemesnya?

27. Lomba-Lomba

Selama di tekkim sebenernya saya banyak nyoba lomba yang aneh aneh, conference conference ke luar negeri yang gagal karena ga punya duit, dan hal random lain. Tapi dua lomba ini bisa dikatakan cukup membanggakan lha, Problem Solving ICHEC 2015 dan Safety Competition 2015.

a. Problem Solving ICHEC 2015


Dengan segala pertimbangan, kami berdua (sama rendy widya lagi) ,akhirnya ga ikut Plant Design ICHEC (Lomba Rancang Pabrik) dan akhirnya memilih Problem Solving dimana waktu yang dialokasikan ga terlalu banyak,hehe. Di problem solving ini kita disuruh optimasi penggunaan air di pabrik copper, dan sekalipun kita nyesel gabisa masuk grandfinal, kita masih masuk 7 besar dari nilai paper yang ada (yang lolos 6 besar, miris tingkat benua). Anyway kita harus tetep semangat soalnya emang kita udah ngelakuin yang terbaik :)



Tim kami : PS002 :(

b. Safety Competition 2015

Safety Competition, di kandang sendiri, UGM. Bener bener kesempatan terakhir buat kita menangin sesuatu, dan kita emang udah keluarin full effort buat itu. Safety competition ini kita disuruh analisis suatu platform, terus maksimasi sistem EER (Emergency Escape, Evacuation and Rescue) dan Safety di dalamnya. Tanggal 22 Oktober 2015 kita dapat kabar gembira :




Grandfinal!

Yes! Kita lolos ke grandfinal, dan pede juga, Alhamdulillah paper kita peringkat 3 dari sisi konten paper,dan bersiaplah kita buat presentasi di hari H. Jadi nilai dari lomba ini untuk grandfinal berdasar konten paper dan presentasi.


Pas hari H kita nothing to lose, karena kita sadar ada yang kurang dalam paper kita dan lumayan fatal di paper final, dan tadaaaaaaaa…………………… ternyata belum rejeki. Belum bisa menang disini. Tapi Alhamdulillah kontingen UGM yang lain dapet juara 1 dan juara 2 di kompetisi ini. Congrats!!



 
 Partner (y)


Tim Safety Competition UGM 2015

Yang bisa jadi pelajaran : Berlombalah dari semester semester awal hehe, saya baru bener bener niat dan pengen banget ikut lomba semester 6, dan udah keburu telat rasanya hehe

Tetap bekarya!

28. Wisuda

Wisudah! Haha. Akhirnya selesai juga semuanya officially dari UGM. Percayalah bahagianya wisuda cuma satu hari, setelah itu kalian harus menghadapi realita kejamnya dunia lagi wkwk

Pada awalnya saya ingin wisuda bulan Agustus/November 2015, Namun dikarenakan saya ikut lomba safety competition bulan November itu, dimana yang bisa ikut cuma mahasiswa aktif, maka mundurlah timeline saya (Baik pendadaran juga saya mundurkan, ndak ambil yang periode Juli 2015). Setelah menimbang dan memutuskan, juga dengan masih ‘seru’ dengan proyek dan menjadi asisten aspen, ya kenapa enggak februari, hehe. Dan jadilah saya wisuda februari 2016!




Wisuda 2016

29. Lulus Sehat

Hahaha rasanya ga afdol kalo ga nyebut komunitas geje ini. Work hard play hard katanya, mahluk mahluk ini adalah tempat saya ngabisin waktu luang saya selama kuliah, awalnya si dibentuk agar bisa olahraga rutin eh malah jadi tempat cengkarama yang gabisa lepas :)






Ngerandom, dan banyak hal yang tidak bisa diceritakan lewat gambar

Lulus Sehat, Full Team

Thanks for the laughs and happy times!

30. Chemeng UGM 11

Sepanjang cerita ini sekalipun jarang disebut, seluruh hidup saya di jogja dan di tekkim ga bakalan survive tanpa temen temen teknik kimia 2011, so here it is the most influential thing in my journey!



Zaman masih Mahasiswa Baru
Makrab 2011


Tim Basket 2011


 Porpeteka, 3 Kali Juara!

Puncak Prau, 1 Angkatan 2011
 
Juara Liga Bola 3x Berturut Turut, 2011 !



Teknik Kimia UGM 2011!

=============================================================



Dengan saya wisuda, rasanya udah lengkap semua perjalanan saya di teknik kimia. Uwis. Hehe

Saya cuma bisa bilang terimakasih sama Teknik Kimia UGM atas semua waktu yang istimewa dan Jogja sebagai tempat bernaung selama hampir 4,5 taun ini :)

Terus habis ini ngapain?Dimana?

Prioritas saya karir dulu karena ada targetan yang harus dipenuhi #eh

Cerita mengenai karir saya dan pengalaman nyari kerja yang penuh lika liku akan saya ceritakan di post selanjutnya ya hehe



Semoga tulisan ga jelas ini bisa memberikan sedikit manfaat, yaa setidaknya mengisi waktu luang buat yang jomblo dan ga ada kerjaan :p



Thanks for reading!



Rendy.

2 comments:

Achmad K said...

Rendy, bukannya Mas Tito Teknik Mesin angkatan 2009 ya?

Rendy Bayu Aji said...

Achmad K : Oh iya mba Desti juga 2009 yaaa, typo. hehe thanks atas koreksinya :)

Post a Comment